Struktur dan Fungsi Sistem Ekskresi pada Manusia ( HATI )


Hati adalah adalah salah satu organ kelenjar terbesar dalam tubuh manusia. Hati terletak pada bagian atas kanan rongga perut (abdomen). Warnanya merah gelap kecoklatan dan merupakan organ yang memiliki banyak fungsi dalam menunjang kehidupan. Berat hati sekitar 3 – 5 % dari berat tubuh seseorang.







FUNGSI HATI (HEPAR)

  • Fungsi Vaskular, yaitu untuk penyimpanan dan penyaringan darah.
  • Fungsi Sekresi, untuk menghasilkan urea dan garam empedu yang kemudia disalurkan melalui saluran (duktus) ke saluran pencernaan.
  • Fungsi Metabolisme, hati juga memiliki fungsi metabolisme karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai komponen tubuh lainnya.
  • Fungsi Penyimpanan, hati dapat menyimpan lemak, glikogen, vitamin, dan zat besi yang akan dikeluarkan ketika tubuh membutuhkannnya.
  • Fungsi Penawar Racun, apabila kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung racun, maka hati akan mengubah komponen racun tersebut agar dapat dimanfaatkan atau dikeluarkan dari tubuh. Contohnya hasil metabolisme karbohidrat yang menghasilkan asam laktat akan diubah menjadi glikogen sehingga dapat digunakan untuk cadangan energi. Contoh lainnya adalah hasil metabolisme protein yang menghasilkan amonia akan diubah menjadi urea dan dikeluarkan dari tubuh dalam urin melalui proses buang air kecil.
STRUKTUR DAN BAGIAN BAGIAN HATI
Hati terdiri atas 2 bagian utama, yaitu belahan hati kanan yang disebut lobus kanan, dan belahan hati kiri yang disebut lobus kiri. Lobus kanan dan kiri dipisahkan oleh fissura yang terbentuk dari gabungan beberapa ligamen. Setiap lobus disusun oleh unit fungsional berbentuk heksagonal yang disebut lobulus. Pada bagian tengah lobulus terdapat pembuluh dari vena yaitu vena sentralis. Setiap vena sentralis kemudian akan bergabung membentuk pembuluh darah vena hepatika yang merupakan pembuluh darah vena utama pada hati. Struktur yang memisahkan antar satu lobulus dengan lobulus lain disebut lakuna. Jika diamati lebih lanjut, maka jaringan lobolus hati disusun oleh sel hepatosit. Antar sel hepatosit dipisahkan oleh kanalikuli, kemudian setiap kanalikuli akan bergabung membentuk saluran empedu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemantulan Cahaya

Pemantulan cahaya  terjadi apabila pancaran cahaya mengenai bidang pantul kemudian bidang pantul tersebut meneruskan pancaran cahaya terseb...